04 Maret 2009

Cara Bijaksana Mengelola Account Facebook Anda

Oleh Amrie Noor

Seperti hal lainnya, baik olahraga, merokok, baca, nonton, main video games di PC, PS3, XBox dan mengelola fb account yang bersifat addictive, kontrol tetap ada pada kita.

Saya heran kalau ada teman-teman yang saking takutnya kecanduan fb, sampe accountnya ditutup. Seperti 'hobi' lain, Virtual Networking Site macam fb ini ada manfaat dan jeleknya. Ya, ambil manfaatnya aja toh. Kan kita gak ngelego mobil hanya karena dia bikin polusi dan menambah macet.

Siasati aja dengan jeli. Ignore semua kiriman barang-barang maya, causes yang gak relevan atau games. Pilih maksimum 5 groups untuk memperluas networking anda: alumni itb, jurusan, angkatan, sma dan Indonesia Golf Community kalo situ suka golf. Cukup deh!!

Kalo mau tambah 3 lagi, ya masuk grup: smp-mu, treat water with respect (relevant cause) dan grup anak menteng kalo dulu rumah lo ada di Menteng Pulo misalnya.

Kunjungi fb seminggu sekali: confirm friends yang add anda, kirim birthday note ke teman-teman anda yang ultah, gak usah komentar-komentar foto atau statusnya, gak usah browsing ke profile site teman-temanmu, cukup visit grup-grupmu kalo ada additional teman yang baru join atau info-info penting yang ada di group wall dan group topic.

Di grup Indonesia Golf Community yang aku create sejak October 2008 telah ada 575 members. Mereka sih enak banget karena creatornya rajin amat nulis dan setiap tulisan selalu dikirim ke members via feature 'Message to all members'.

Kalo anda mengontrol diri seperti yang aku sarankan, sejam 1x seminggu juga beres ngurusin fb!

Don't make it a big deal out of it. It is not, really...

Artikel terkait:
Brand Ambassador dan Fasilitas ‘Pecat Teman’ di Facebook

1 komentar:

  1. Hello Pak Amrie Noor,

    Sekedar sharing. Aku memanfaatkan situs facebook untuk ideku mendukung pelaksanaan Pemilu, April 2009.

    Mula-mula, aku menuliskan satu artikel "Jadi Saksi Pemilu, Yuk?".

    Dengan cause facebook "Awasi Pelaksanaan Pemilu", ide di tulisan di atas dikampanyekan. Lumayan, pendukungnya cukup banyak.

    Cause "Jadi Saksi Pemilu, Yuk?" tersebut bisa dilihat di http://apps.facebook.com/causes/256456
    Ikut ya?

    Sedang artikel tadi bisa dilihat di blogku: http://cantik40s.blogspot.com/

    Thank you,
    D-

    BalasHapus

Artikel Terbaru di Blog Ini