22 Februari 2009

Senjata ICT Andalan dan "Gratisan" yang Saya Pakai Sehari-hari

Oleh Triharyo Soesilo

Ada opini yang berpendapat bahwa John Mc Cain tidak cocok jadi Presiden Amerika karena dia “gaptek” (gagap teknologi). Karena saat ini, ia tidak pernah baca e-mail apalagi kirim sms. Tidak usah menjadi presiden Amerika, saya sendiri rasanya semakin sulit untuk melepaskan diri dari berbagai peralatan elektronik untuk berkomunikasi serta mengakumulasi informasi di zaman seperti sekarang ini.

Berikut ini beberapa peralatan yang saya pakai, beserta software-software gratisan yang jadi langganan saya. Mudah-mudahan bermanfaat dan juga memberikan ilustrasi bagaimana seorang pemimpin perusahaan harus ”connected” di era informasi seperti sekarang ini.

Computer – saya memakai Hewlet Packard di kantor dan di rumah. Di rumah, komputer saya tersambung ke internet melalui cable modem yang dipasok oleh First Media (dulu Kabelvision). Saya juga pasang Wifi router dari cable modem tersebut untuk menjangkau seluruh rumah. Instalasi murah ini, ternyata sangat efektif untuk menyambung laptop ataupun handphone saya ke internet, dimana pun saya berada di dalam rumah. Software-software dan fasilitas gratis yang ada pada desktop computer saya adalah:
  1. Google News – saya memanfaatkan fasilitas “personalized this page” dengan mengisi kata-kata atau hal-hal yang ingin selalu saya ikuti. Saya memasukkan: Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Sofyan Djalil, Biofuel Indonesia, Geothermal Indonesia, Natural gas Indonesia, Oil refinery Indonesia, Petrochemical Indonesia, dan Rekayasa Industri. Jadi bila ada berita terbaru dengan kata-kata tersebut, langsung ditayangkan di homepage Google News milik saya. Tentunya saya harus mendaftar dulu menjadi member Google, untuk memakai fasilitas ini secara gratis.

  2. Skype – saya memanfaatkan software ini untuk menelepon ke mana saja di dunia secara gratis. Saya sering berkomunikasi langsung dengan rekan sekerja di seluruh lokasi-lokasi proyek menggunakan Skype. Kalau suara kurang bagus karena sambungan internet jelek, saya langsung chatting saja.

  3. Firefox browser – saya memakai browser ini karena lebih cepat daripada Internet Explorer, dan mempunyai banyak fasilitas add-on. Saya sangat suka dengan ”Bookmark yang tersinkronisasi” ke internet. Jadi di komputer mana pun saya berada, bookmark saya selalu ikut dan ”ready”. Bookmark saya berisi link-link yang sangat banyak. Bookmark ini berisi seluruh link seperti majalah berita internasional (Newsweek, Times, Economist, US News, etc), majalah business (Fortunes, Forbes, Harvard Business Review, Business Week, etc), semua koran Indonesia, semua majalah Indonesia, semua majalah teknis, semua koran Asia, semua link untuk majalah PC, semua referensi, dll.

  4. Google Desktop – saya memakai software ini untuk mencari file atau tulisan dari ribuan files di dalam komputer saya.

  5. Untuk menjaga komputer terhadap serbuan virus dan spyware, saya memakai fasilitas gratis dari Google yaitu Norton Security Scan, dan Spyware Doctor. Selain itu juga saya pasang Advanced Windows Care Professional untuk tingkatkan kinerja komputer. Semuanya gratis.

  6. WinPatrol – Saya pasang ini untuk menjaga software aneh masuk, yang tiba-tiba bisa mengambil alih dan merubah internet browser ataupun start-up komputer saya, tanpa sepengetahuan dan seizin saya.

  7. CCleaner – kependekan dari “Crap Cleaner”. Pokoknya sekali pencet semua file-file jelek di komputer saya dibersihkan.

  8. Thunderbird – Saya memakai Microsoft Outlook untuk mendownload e-mail2 saya dari berbagai account. Tapi saya juga memakai Thunderbird untuk mendownload e-mail2 saya yang dari Gmail, karena seluruh e-mail kantor, saya forward ke Gmail sebagai storage tambahan.
Laptop EeePCselain desktop PC di kantor dan di rumah, saya memakai laptop murah (Rp 3,5 juta yang 4GB saja) dengan merk Asus EeePC. “This is a Small, Cheap and Powerfull PC”. Saya terpaksa install Windows dengan Microsoft Office dan meninggalkan original Linux yang ada, karena untuk kepraktisan dan kecepatan bekerja saja. Sebenarnya saya mulai menyukai Linux yang ada di komputer tersebut. Software gratisan yang ada di desktop, saya juga install di Laptop saya. Karena saya memasang jaringan nir-kabel (Wifi) di rumah, maka Laptop sering saya gunakan untuk membaca puluhan majalah dan koran melalui internet secara gratis di mana pun saya berada, misalnya sambil duduk santai menonton televisi.

Handphone XDA O2
Selain digunakan untuk menelepon dan berkomunikasi melalui sms, saya menggunakan handphone saya untuk mendownload e-mail, membaca berita-berita melalui software Mobile RSS (Really Simple Syndication) yang tersedia gratis di Windows mobile. Dengan software tersebut saya bisa menarik berita dari berbagai feed seperti feed RSS Media Indonesia, feed RSS dari Kompas, BBC Indonesia, Strait News Asia, Detik.com, dll. Kalau ingin cari Feed RSS yang anda minati, silakan cari menggunakan Feedshow. Jadi setiap pagi di mobil sambil menunggu jalan macet, selain membaca dan menjawab sms, saya selalu men-sync seluruh feed RSS di HP saya dan menerima ratusan berita pendek dari banyak koran. Saya baca secara scanning seperti baca headlines koran, dan ”men-drill down” bila ada berita yang penting atau menarik.

Ipod Nano
Tadinya saya kurang tertarik membeli Ipod karena saya pikir hanya untuk mendengarkan lagu. Tapi ternyata Ipod sangat praktis untuk mendengarkan Podcast. Saya tidak menyangka betapa menariknya fasilitas Podcast ini. Bagi yang belum tahu, Podcast adalah rekaman dari pidato atau pelajaran yang diberikan oleh para pemimpin perusahaan di seluruh dunia. Favorit saya adalah mendengarkan Podcast dari Jack Welch dan juga Harvard Business Review Ideacast (HBR Ideacast). Semuanya saya download melalui Itunes. Selain itu saya juga mendownload Podcast untuk pelajaran-pelajaran dari MIT. Saat ini, Ipod saya sudah berisi ratusan Podcast yang sering saya dengarkan disaat senggang untuk belajar hal-hal yang baru. Sehingga kantong celana kiri saya sekarang berisi Ipod. Ipod tersebut juga bisa diisi dengan Audiobook. Tapi saya terus terang belum memanfaatkannya.

Demikian beberapa peralatan Information & Communication Technology (ICT) yang saya pakai. Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru di Blog Ini